Minggu, 01 November 2015

PAHLAWAN



Dermaga pelabuhan Rancamonyet 1425 sebelum masehi.
Kacaritakeun ada hiji kapal laut nu sedang ngetem nungguan penumpang minuhan kapal sangkan kapal bisa indit maju.
Suasana kapal yang pada mimitina kondusif seketika keneh pecah jadi gaduh paciweuh ga puguh dikarenakeun ada salah satu penumpang yg tikecemplung ka cai.
Diantara 50 juta penumpang lainnya  tidak ada hiji pun yang wani turun alakah pagorowok-gorowok sambil silih tuduh sama penumpang lain agar turun kehandap nulungan penumpang yang kurang berbahagia eta.
Teu disangka ga dinyana dibalik kegaduhan penumpang sejennya diatas kapal terlihat ada seorang panumpang yang terjun dari kapal tersebut yang jangkungnya kira kira 10000 meter, dan ternyata penumpang tersebut adalah JANG HASAN seorang pemuda paruh baya idaman para wanita dikampung tetangga.
GEJEBUR !! KA HANDAP !!
Dengan cepat dia ngojay mendekati korban nu sedang kekeleubeukan dicai,  ga loba ngomong digeweuweuknya korban tersebut lalu ia peluk erat-erat dengan penuh kehangatan dan kasih sayang.
Kemudian jang hasan pepeuta sama penumpang yang di luhur untuk segera ngalungin tali kepadanya.
" Tali tali tali buru euy !! "
Gorowoknya.
Spontan penumpang nu diluhur kapal kocar-kacir neang tali untuk menarik jang hasan dan korban, yang sejennya narik tali yang sejen lagi muji jang hasan beak dikareup sambil ngeprokin dan ngaheotan.
Sesudahnya sampai diluhur kapal pujian tidak ereun-ereun terucap dari penumpang sejennya sambil sesekali menyiwit pipi jang hasan nu gemesin itu, sambil berkata
PANUMPANG SEJEN :
" Hebat jang hebat !!
  Pinteran ngojayna
  Gede kawani namah
  Hidup jang hasan
  Hidup jang hasan !! "
Kemudian Jang Hasan nembal sambil renghap ranyung disertai dengan beungeut nu piyas karena reuwas
JANG HASAN :
" Ngajedog ngajedoglah !!
  Cicing caricing !! "
dengan bebeungeutan kesal jang hasan menuluykeun pembicaraan na
Sambil tutunjuk
JANG HASAN :
" Sok ayeunamah ngaku,
  SAHA NU BIEU NYUNTRUNGKEUN
  AING KAHANDAP ?? "
Seketika keneh suasana kapal yang riuh ngadadak jadi jempling tiiseun pisan seperti berada diteungah leuweung geleudeugan.
" krik.. Krik.. Krik.. "
Singhoreng bukan karena gede kawani dan jiwa pahlawan jang hasan terjun kehandap teh, tetapi DISUNTRUNGKEUN oleh penumpang sejennya. 
(KARUNYA PISAN APANAN)
TAMAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar